Tips Hindari Bau Mulut saat Berpuasa

AROMA tidak sedap yang keluar dari mulut saat berpuasa sangat mengganggu bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Gangguan ini muncul terutama saat berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini tips untuk mengatasi  bau mulut yang tidak mengenakan saat berpuasa.

1. Saat berbuka puasa dan makan sahur, hindari makanan yang baunya menyengat, misalnya petai, jengkol, dan gorengan. Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.

2. Sikatlah gigi secara teratur setelah makan sahur dan sebelum tidur maupun seusai berbuka puasa. Pastikan cara penyikatan gigi yang benar, sehingga rongga mulut senantiasa bersih dengan sempurna. Usai sikat gigi kalau perlu kumurlah mulut dengan cairan pembersih mulut dan gigi seperti listerine.

3. Biasakan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dengan mengatur  konsumsinya sejak waktu berbuka hingga waktu sahur dengan tujuan menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

4. Hindari rokok, kopi dan alkohol karena berdampak kerusakan pada rongga mulut dan gigi sehingga  memicu penyakit gingivitis dan periodontitis (peradangan dan kerusakan pada  gusi gigi yang disebabkan bakteri). Sedangkan mengkonsumsi  alkohol akan  mengurangi produksi air liur yang akan membuat mulut berbau. (ind)

RELATED NEWS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: